Rapat Monev dan Tindak Lanjut Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas Mei 2021

Teks foto: Banner Elektronik sebagai salah satu inovasi pelayanan
Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan zona integritas harus dimonitoring dan dievaluasi secara terus menerus dan berkelanjutan dengan tujuan untuk melihat progress kerja keberlangsungan pembangunan zona integritas tersebut. Seiring dengan pemenuhan checklist akreditasi penjaminan mutu maka Pengadilan Negeri Rengat mengadakan monitoring dan evaluasi pembangunan zona integritas secara berkala sebulan sekali.
 
Pada bulan Mei tahun 2021 ini, telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana kerja pembangunan zona integritas di Pengadilan Negeri Rengat yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB di Ruang Tunggu Sidang Terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
 
Berbekal semangat mewujudkan wilayah kerja bebas dari korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang prima, seluruh tim kompak dan saling bekerja sama memaparkan progres kerja yang telah dicapai. Sebagai pembuka, tim dari Area I Manajemen Perubahan yang dikoordinatori oleh Santi Puspitasari, S.H. menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan berupa kelanjutan sosialisasi pembangunan zona integritas kepada masyarakat dan target yang akan dicapai berupa stempel zona integritas serta sosialisasi dalam brosur pelayanan yang akan disebar-luaskan. Kemudian dilanjutkan dengan Area II yang memaparkan mengenai aplikasi inovasi SILAPANDU yang sedang berada dalam tahapan uji coba dan di minggu pertama bulan Juni tahun 2021 akan diperkenalkan kepasa masyarakat. Begitu juga dengab Area III hingga Area VI, semua telah memaparkan pencapaian kinerja hingga bulan Mei ini.
 
Secara garis besar, pembangunan zona integritas di Pengadilan Negeri Rengat telah berjalan sesuai jalurnya dengan sangat baik, bahkan nilai dari Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) yang selalu diperbarui mencapai nilai sempurna, hal ini menandakan bahwa ruh dari pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi telah teraplikasikan sebagaimana mestinya.
 
 
Komentar dan masukan yang diberikan oleh Melinda Aritonang, S.H., sebagai Pembina Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Rengat diantaranya:
  1. Setiap area untuk melakukan pertemuan rutin setiap bulan, dibuat evidence-nya dan diserahkan ke Area I;
  2. Area I, untuk pemilihan role model dan agen perubahan agar segera disusun perencanaannya, penambahan sosialisasi pembangunan zona integritas berupa stempel dan brosur agar berkoordinasi dengan Koordinator Operasional untuk segera direalisasikan.
  3. Area II agar mempersiapkan peluncuran inovasi aplikasi SILAPANDU;
  4. Area III tetap melanjutkan pembaruan evidence, apabila di aplikasi PMPZI tidak muat untuk dokumen evidence maka dapat disimpan dalam box Area III. Kemudian pelatihan untuk peningkatan kompetensi bagi Aparatur akan selalu dilaksanakan setiap bulan;
  5. Sebagai informasi, pengusulan dari Tim Penilai Internal ke Tim Penilai Nasional dilakukan sampai tanggal 31 Juli 2021, maka pembangunan zona integritas harus bisa dirasakan masyarakat bukan hanya sekedar formalitas dokumen, kemudian akan dilaksanakan pengisian Lembar Kerja Evaluasi di website pmpzimenpan.go.id pada tanggal 1 Juli 2021;
  6. Area IV agar memperhatikan pembaruan-pembaruan laporan setiap periodenya;
  7. Area V dapat terus menggencarkan public campaign anti korupsi dan meningkatkan kinerja pengawasan;
  8. Area VI agar aplikasi survey dari Mahkamah Agung untuk didokumentasikan menjadi evidence, kemudian yang menjadi mendokumentasikan before after pembangunan fasilitas pelayanan seperti area parkir;
Semua program yang telah dikerjakan maupun yang akan dikerjakan pada bulan-bulan berikutnya adalah demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Semoga hasil kerja pembangunan zona integritas di Pengadilan Negeri Rengat berdampak positif bagi masyarakat.

Tulis Komentar