Pengawasan dan Pembinaan Melekat Oleh Atasan Langsung Telah Dilaksanakan

Pada Hari Selasa 31 Agustus 2021, pengawasan dan pembinaan melekat oleh atasan langsung telah dilaksanakan . Kali ini di bidang Kepaniteraan Perdata Pengadilan Negeri Rengat yang dimulai dari hari Senin 30 Agustus 2021 sampai Selasa 31 Agustus 2021. Melinda Aritonang, S.H., sebagai Ketua Pengadilan Negeri Rengat sekaligus yang memimpin kegiatan ini menyampaikan bahwa untuk menegakkan dan menjaga martabat serta kepercayaan publik terhadap lembaga pengadilan, dibutuhkan mekanisme pencegahan atas penyimpangan pelaksanaan tugas dan pelanggaran perilaku oleh Aparat pengadilan.

WhatsApp Image 2021-08-31 at 09-12-35

Oleh karena itu untuk mengefektifkan pencegahan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran perilaku aparat pengadilan, perlu dilaksanakan pengawasan dan pembinaan yang terus-menerus oleh setiap atasan langsung terhadap bawahannya.Berdasarkan Perma Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya menyatakan bahwa Pengawasan dilaksanakan dengan memantau, mengamati dan memeriksa pelaksanaan tugas agar berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan yang berlaku secara berdayaguna dan berhasil guna. Meminta laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas bawahan.

WhatsApp Image 2021-08-31 at 09-12-36 (1)
Mengidentifikasi dan menganalisis gejala-gejala dan penyimpangan serta kesalahan yang terjadi, menentukan sebab dan akibatnya serta cara mengatasinya. Merumuskan tindak lanjut dan mengambil langkah-langkah yang tepat sesuai dengan kewenangannya dengan memperhatikan kewenangan pejabat/instansi yang terkait. Kemudian berkonsultasi kepada atasan langsungnya secara berjenjang dalam rangka meningkatkan mutu pengawasan yang dilakukannya. Pembinaan dilaksanakan dengan cara menjelaskan pembagian tugas, fungsi dan kewenangan bawahan dalam struktur organisasi di bawah kendali atasan langsung secara berkala. Menetapkan dan menyetujui sasaran kinerja bawahan serta memberikan penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas capaian kinerja bawahan. Menjelaskan, membuat dan menyepakati prosedur atau cara pelaksanaan pekerjaan atau kegiatan yang dinilai kurang jelas atau belum diatur secara khusus dan membina bawahan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

WhatsApp Image 2021-08-31 at 09-12-36


Tulis Komentar