Sosialisasi Aplikasi Pelayanan Pengadilan Terpadu (SILAPANDU) serta E-Court dan Eraterang

Dihadapan Bupati, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda, Kepala Dinas, Camat, Lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Indragiri Hulu, Tim Inovasi Pengadilan Negeri Rengat mensosialisasikan aplikasi pelayanan pengadilan Terpadu yang diberi nama SILAPANDU. Namun tidak hanya itu, aplikasi Mahkamah Agung seperti e-Court dan Eraterang juga menjadi materinyang disampaikan pada sosialisasi ini.

Acara dilangsungkan di Ruang Pertemuan Yopi Arianto yang berada di lantai 4 Kantor Bupati Kabupaten Indragiri Hulu. Riana Sari, S.Kom., sebagai pemateri telah menyampaikan SILAPANDU dirancang dan didesain dengan basis aplikasi Whatsapp Business sehingga masyarakat tidak perlu bersusah payah mengunduh aplikasi SILAPANDU di Playstore, cukup dengan menggunakan aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone, tulis pesan ke nomor SILAPANDU di 082297748645 dan Pengadilan Negeri Rengat akan memandu hingga permintaan pelayanan selesai dikerjakan.

WhatsApp Image 2021-10-07 at 16-05-21

WhatsApp Image 2021-10-07 at 16-05-22

Aplikasi SILAPANDU merupakan wujud inovasi yang dibangun pada era transformasi digital dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Aplikasi SILAPANDU bertujuan untuk mempermudah pelayanan publik berbasis digital serta mewujudkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) lebih optimal. Melalui SILAPANDU, pengguna dapat mudah mengakses layanan yang ada di Pengadilan Negeri Rengat kapan dan dimana saja berada. Manfaat dan kelebihan SILAPANDU antara lain: pertama, masyarakat dapat melihat informasi mengenai layanan lengkap Pengadilan Negeri Rengat. Kedua, masyarakat dapat melakukan permintaan layanan secara online tanpa harus mengantri. Ketiga, masyarakat dapat mengefektifkan waktu mereka untuk keperluan lain tanpa harus menunggu di pengadilan. Penggunaan SILAPANDU ini tidak dipungut biaya alias gratis!

WhatsApp Image 2021-10-07 at 16-05-21 (1)

Materi e-Court yang disampaikan oleh Charly B. P. Simanjuntak, S.H., juga menuai antusias audience. Peserta sosialisasi menjadi terbuka wawasannya tentang persidangan secara elektronik dimana benefit yang diterima masyarakat yaitu hemat biaya dan tidak perlu jauh-jauh ke pengadilan untuk berperkara.

WhatsApp Image 2021-10-07 at 15-59-43

Acara ditutup dengan sesi tanya-jawab, ada penanya dari Ajeng Aprilia, S.Sos., Pekerja Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Indragriri Hulu yang bertanya perihal tata cara pendaftaran pengangakatan anak melalui aplikasi yang ada di Pengadilan Negeri Rengat.


Tulis Komentar