BIMBINGAN TEKNIS KEPANITERAAN

Teks foto: Mochamad Adib Zain, S.H. didampingi oleh Petrus Arjuna Sitompul, S.H. menyampaikan materi bimtek kepaniteraan.

Mochamad Adib Zain, S.H. Hakim Pengadilan Negeri Rengat memberikan bimbingan teknis kepaniteraan dengan materi Administrasi Kepaniteraan Pidana dan Perdata. Bimbingan Teknis dilaksanakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Rengat pada pukul 09.00 WIB.

Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Rengat, Melinda Aritonang, S.H., yang menyampaikan tujuan diadakannya bimtek adalah untuk saling berbagi ilmu, edukasi dan sharing pengetahuan agar kemampuan Aparatur semakin berkembang.

Garis besar materi bimbingan teknis yang disampaikan oleh Pemateri yaitu:

  1. Tugas Meja I Pidana adalah menerima pelimpahan berkas perkara lengkap dengan semua surat yang berhubungan termasuk barang bukti, apabila masa tahanan akan habis maka langkah-langkah yang harus ditempuh adalah melaporkannya ke Ketua Pengadilan agar segera ditunjuk majelis hakimnya.
  2. Jika berkas tidak lengkap maka Panmud Pidana meminta kejaksaan negeri melengkapi kekurangan dokumen sebelum diregister. Semua proses hingga pelaksanaan putusan dicatat dalam register.
  3. Meja II memiliki tugas di bidang pengajuan banding, pengajuan kasasi, pengajuan peninjauan kembali, pengajuan grasi, penangguhan pelaksanaan pidana.
  4. Apabila pengajuan banding terlambat, maka panitera memberikan catatan keterlambatan dan berkas tetap dikirim.
  5. Apabila pengaju banding tidak menghadap ke pengadilan namun hanya melalui surat, maka banding tetap dapat diterima dan diproses.
  6. Permohonan banding wajib diberitahukan ke pihak lain.
  7. Inzage dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum berkas dikirim ke pengadilan tinggi, namun apabila ada permohonan kepada ketua pengadilan negeri dari pengaju banding untuk melakukan inzage di pengadilan tinggi maka hal demikian diperkenankan. Berkas banding kapanpun bisa dicabut selama belum diputus oleh pengadilan tinggi.
  8. Pada permohonan kasasi, maka hal-hal yang wajib adalah memori kasasi, apabila tidak disertakan maka panitera akan membuat akta dan berkas tidak dikirim.
  9. Dalam jangka waktu 14 hari sejak penyerahan memori kasasi dan permohonan memenuhi syarat formal berkas sudah harus dikirim.
  10. Perkara dengan ancaman pidana maksimal 1 tahun, perkara praperadilan, tidak dapat diajukan kasasi.

Hal lain yang dibahas dalam bimtek ini adalah mengenai peninjauan kembali dan grasi. Permohonan grasi yang bersamaan dengan permohonan peninjauan kembali maka yang dikirim terlebih dahulu adalah permohonan peninjauan kembalinya. Panitera wajib membuat salinan permohonan grasi dan apabila tidak memenuhi persyaratan maka membuat akta penolakan.

Mengenai kepaniteraan perdata yang disampaikan oleh Pemateri adalah biaya proses yang besarannya sesuai dengan penetapan ketua pengadilan, hak kepaniteraan yang ditetapkan dalam Perma, biaya pencatatan, biaya materai dan redaksi setelah putusan. Biaya perkara yang dikeluarkan harus sesuai dengan jenis kegiatan jalannya perkara.


Tulis Komentar