GUNAKAN SISLITBANG UNTUK PERTAMA KALINYA, SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG MEMBERIKAN APRESIASI DAN DUKUNGAN PENUH UNTUK BADAN LITBANG DIKLAT MAHKAMAH AGUNG

Yogyakarta-Humas: Sekretaris Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H., menghadiri acara Pemaparan Kerangka Acuan Kerja Naskah Akdemik Tahun 2022 di Novotel Suites Yogyakarta pada Senin 24 Januari 2022. Pada kesempatan yang sama juga diluncurkan aplikasi Sislitbang oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan  (Litbang Diklat Kumdil) Zarof Ricar, S.Sos., S.H., M.H.

Sislitbang merupakan Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangan. Aplikasi Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangan ini baru saja diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung pada Kamis 20 Januari 2022 lalu di Gedung Diklat Mahkamah Agung, Bogor. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan dan mempersingkat birokrasi dalam rangka mempercepat proses bisnis di Puslitbang, selain itu juga berguna bagi peneliti untuk mempercepat perencanaan program.

Melalui Sislitbang, warga peradilan dan masyarakat dapat dengan mudah mencari, menemukan, membaca dan menyimpan hasil penelitian Puslitbang Kumdil MA dari gawai yang mereka miliki, dalam dokumentasi yang rapih, mudah diakses dan lengkap.

Pada kesempatan yang juga dihadiri oleh Hakim Agung yang juga merangkap sebagai PLT Kepala Badan Pengawasan, H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum, Hakim Agung sekaligus PLT Dirjen Badan Peradilan Umum, Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H., dan Panitera Mahkamah Agung RI, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H., tersebut, Sekretaris Mahkamah Agung mendapatkan kehormatan untuk menggunakan aplikasi Sislitbang pertama kalinya.

“Coba saya ingin mengetahui jumlah anggaran penelitian selama setahun ini?” kata Sekretaris Mahkamah Agung kepada Operator Sislitbang.

Lalu dengan beberapa kali klik saja, informasi yang dinginkan oleh Sekretaris Mahkamah Agung bisa didapatkan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Mahkamah Agung memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada Badan Litbang Diklat Kumdil atas hadirnya aplikasi ini. Namun ia berharap aplikasi ini masih perlu ditingkatkan lagi seperti informasi terkait alokasi anggaran untuk masing-masing penelitian, sehingga masyarakat bisa mengetahui anggaran yang digunakan untuk masing-masing penelitian yang digunakan oleh Mahkamah Agung.

Selain itu, Sekretaris Mahkamah Agung juga berharap adanya penanggung jawab yang fokus untuk mengelola aplikasi ini, sehingga informasi yang ada pada aplikasi tersebut bisa selalu baru.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/9958

SISLITBANG MERUPAKAN TRANSFORMASI

Sislitbang diciptakan sebagai sebuah proses transformasi baru dalam pengelolaan Litbang Hukum dan Peradilan di Puslitbang Mahakamah Agung yang memiliki beberapa fungsi, di antaranya: 

Pertama, Pengelolaan Penelitian. Fitur ini dapat menunjukkan proses tiap penelitian beserta tahap-tahapnya seperti pra penelitian yang berisi rencana penelitian, TOR, RAB, dan Time Table.  Selain itu fitur ini juga bisa digunakan untuk pengumpulan data, karena di dalamnya terdapat fasilitias untuk mencatat proses pengumpulan data, dokumentasi dan laporang keuangan, dan lainnya. Fitur ini juga berisi Publikasi yaitu draft hasil penelitian yang sudah disetujui dan melalui proses sebelumnya.

Yang kedua, Kalender Kegiatan. Fitur ini berisi seluruh kalender kegiatan Puslitbang Kumdil MA, seperti penelitian, kegiatan, kerja sama, serta agenda setiap anggota yang terlibat dalam kegiatan tersebut.  

Ketiga, Pengelolaan Kegiatan. Fitur ini berfungsi untuk melakukan perencanaan dan laporan kegiatan.   

Keempat, Pengelolaan Persuratan, dan kelima Pengelolaan Keuangan. Fitur ini berisi seluruh laporan keuangan Puslitbang Kumdil MA, detail anggaran per kegiatan, laporan realisasi, bukti penggunaan anggaran, dan lainnya.

Keenam yaitu fitur Publikasi Hasil Penelitian, Sislitbang memiliki jendela hasil penelitian yang dapat diakses oleh public secara luas, berisi hasil penelitian Puslitbang Kumdil MA dari tahun2013 – 2021.

Zarof Ricar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejatinya keberadaan Aplikasi SISLITBANG ini, diharapkan mampu memainkan peran dan tanggug jawab sebagai ujung tombak dalam melakukan upaya-upaya pembaharuan hukum dan peradilan dengan menyediakan laporan hasil penelitian atau pengkajian masalah-masalah baru yang penting dan strategis bagi pimpinan Mahkamah Agung secara cepat.

Acara ini diikuti oleh 135 peserta yang terdiri dari para peneliti dan hakim yustisial. Turut hadir pada acara ini yaitu Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung, Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, para Ketua Pengadilan Negeri se Yogyakarta, Ketua Pengadilan Agama se Yogyakarta, dan Undangan lainnya. Acara ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (azh/ERW/RS)


Tim Redaksi

Tulis Komentar